Benda - Benda Pos

Benda-benda pos adalah peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk keperluan pengiriman paket atau surat.

Macam - macam benda pos :

1. Perangko
Perangko adalah secarik kertas berperekat sebagai bukti telah melakukan pembayaran untuk jasa layanan pos, seperti halnya mengirim surat. Perangko ditempelkan pada amplop, kartu pos, atau benda pos lainnya sebelum dikirim.

Kegiatan atau hobi mengumpulkan perangko atau benda-benda pos lainnya seperti sampul hari pertama disebut Filateli.

2. Amplop
Amplop atau sampul surat adalah sebuah bungkus dari surat atau benda yang dikirimkan per pos. Sebuah amplop biasanya terbuat dari kertas yang dipotong berbentuk belah ketupat dan dilipat sedemikian rupa.

3. Timbangan
Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik /Digital.

Timbangan pos digunakan untuk mengukuru berat paket yang akan dikirimkan.

4. Kartu Pos

Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat. 

Kartu pos yang pertama di dunia diterbitkan di Austria pada 1 Oktober 1869 dengan nama Correspondenz-Karte.

5. Kotak Pos
Kotak pos adalah kotak berkunci yang disediakan oleh PT (Persero) Pos Indonesia di pasang pada dinding kantor pos atau tempat lain yang disediakan untuk disewa oleh masyarakat yang menginginkan kiriman untuknya disampaikan melalui kotak pos itu. Tiap-tiap kotak pos diberi nomor urut tersendiri.

6. Stempel
Stempel adalah alat yang bisa membantu kebutuhan kita dalam pengesahan.

Dalam kegiatan POS, stempel digunakan sebagai tanda dipertanggungjawabkan kepada kantor pos selama belum sampai di tempat tujuan.

7. Materai
Materai atau Bea Materai adalah pajak yang dikenakan atas dokumen yang bersifat perdata dan dokumen untuk digunakan di pengadilan.

Nilai Materai yang berlaku saat ini ada 2, yaitu :
a. Materai Rp. 3.000
b. Materai Rp. 6.000




Sumber :
1. Wikipedia
2. Kamus Besar
3. Berbagai sumber di google.com

Post a Comment

0 Comments