Materi Tentang Jam

Jam merupakan sebuah unit waktu atau alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Lama sebuah jam adalah 1/24 (satu perduapuluh empat) hari. Satu jam bisa dibagi menjadi unit waktu yang lebih kecil lagi.

Pembagian unit waktu :
1 Hari = 24 jam
1 Jam = 60 menit = 3600 detik
1 menit = 60 detik


Perbedaan Jam dan Pukul.

Kata jam menunjukkan makna “masa atau jangka waktu.” Sedangkan, kata pukul mengandung makna “saat atau waktu.” Dengan demikian, jika maksud yang ingin diungkapkan adalah “saat atau waktu”, maka kata yang tepat digunakan adalah pukul, bukan jam (Contoh yang menggunakan pukul : "Saya masuk sekolah pukul 7 pagi.")

Jenis jam yang banyak dipakai saat ini ada 2, yaitu :
1. Jam Analog
2. Jam Digital

Jam Analog: jam ini menunjukkan waktu dengan letak dan pergerakan jarum penanda. Jam analog memiliki jarum penanda waktu jam, menit dan detik. Jarum ini digerakkan dengan mekanisme analog yang tersusun dari roda dan gerigi.

Misalnya untuk menunjukkan waktu 13.20 WIB maka jam analog akan menunjukkanya dengan letak jarum penunjuk jam di angka 1, dan penunjuk menit di angka 4.

Jam digital: menunjukkan waktu dengan tampilan layar digital. Waktu ditunjukkan bukan dengan jarum penunjuk tapi dengan angka. Angka ini ditentukan dengan mekanisme digital.

Untuk menunjukkan waktu 13.20 WIB maka jam digital akan langsung menampilkan angka 13.20 di layarnya.

Jam digital menunjukkan waktu dalam jam dan menit pada tampilan elektronik. Beberapa jam tangan digital juga menampilkan waktu dalam detik.

Post a Comment

0 Comments